Begini Cara Mengolah Mi Instan agar Lebih Sehat

Ingin makan mi instan? Konten gizi yang buruk dalam mie instan membuat masakan yang satu ini tidak pernah direkomendasikan untuk dimakan sebagai menu harian. Tingginya kadar natrium, MSG, dan pengawet dalam penyebab mi instan tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering.

mie ayam legendaris
Namun, bagi Anda yang masih ingin makan mie instan, ada cara tertentu untuk membuat mie instan Anda menjadi lebih sehat dan bergizi. Berikut ini adalah MAKANAN yang meringkas tujuh kiat sehat untuk memproses mie:

1. Baca komposisi bahan dalam kemasan mie instan

Dilaporkan oleh halaman Shape, rata-rata satu bungkus mie instan memiliki kandungan natrium 1.700 mg, setara dengan 85 persen dari asupan natrium yang disarankan. Asupan natrium yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena hipertensi dan stroke. Untuk itu, Anda harus membaca tabel nutrisi dalam mengemas mie terlebih dahulu dan memilih mie dengan kandungan natrium dan lemak paling rendah.

2. Pilih mie instan yang terbuat dari tepung terigu

Saat ini, banyak produk mie instan bermunculan yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama. Dengan kandungan serat yang lebih tinggi dari tepung biasa, mie yang terbuat dari tepung terigu akan lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga risiko masalah kesehatan, terutama di saluran pencernaan dapat dihindari.

3. Ganti mie insta

Saat membuat mie instan, Anda harus mengganti air yang digunakan untuk merebus mi dengan air panas baru. Ini karena, kandungan natrium dan pengawet yang melekat pada mie akan larut ke dalam air selama proses perebusan. Agar mie instan bisa dibuat enak, Anda juga bisa mengganti mi rebus dengan kaldu sayur yang terbuat dari jamur, wortel, atau brokoli.

4. Ganti bumbu instan dengan bumbu dapur

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, mi instan mengandung banyak sodium dan MSG, membuatnya berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengganti bumbu instan dengan bumbu alami dan rempah-rempah di dapur. Anda dapat menggunakan bawang, cabe, bubuk rempah, atau daun seledri untuk menambahkan rasa dan aroma yang lezat ke mie instan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *