Hati-hati, 10 Buah Ini Berbahaya Jika Ada yang Mengkonsumsi

Mie Ayam Mahmud Medan

Buah-buahan baik untuk kesehatan manusia karena kaya akan vitamin, kalsium, protein, dan serat. Selain bagus untuk kesehatan, banyak jenis buah-buahan yang bisa digunakan untuk mempercantik kulit. Namun dibalik sejuta manfaat yang ditawarkan buah, ada beberapa jenis buah yang harus hati-hati saat mengkonsumsinya seperti buah-buahan berikut.

1. Kacang tanah

Kacang mengandung aflatoksin yang termasuk golongan senyawa beracun, apalagi untuk kacang yang berjamur atau busuk. Toksin beracun sangat tinggi. Kacang yang tidak dimasak dengan sempurna sangat berbahaya bagi kesehatan. Memasak biasa tidak akan membunuh racun dalam kacang karena Alfatoxin hanya bisa rusak pada suhu 250 derajat Celcius. Selain itu ada juga cara lain untuk membunuh racun pada kacang tanah, yaitu dengan mengeringkan kacang yang sudah dikupas di bawah sinar matahari selama 6 jam.

2. Nanas
Nanas dikenal kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu buah nanas bagus untuk mengurangi kolesterol karena kandungan lemak pada nanas sangat rendah. Tetapi buah nanas matang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Sehingga penderita diabetes sangat berbahaya mengonsumsi nanas secara berlebihan. Sementara untuk ibu hamil, juga harus menghindari buah nanas yang masih muda karena nanas muda mengandung enzim bromelin yang panas sehingga bisa melemahkan janin.

3. Ceri
Buah yang sering digunakan sebagai pemanis untuk kue dan minuman yang sangka bisa berbahaya bagi manusia. Melalui pengolahan yang tepat, ceri aman dikonsumsi sebagai pemanis kue. Namun, jika Anda memakan buah ceri secara langsung, itu bisa berbahaya bagi manusia. Karena ceri mengandung sianida dalam biji dan daun. Jika Anda ingin makan ceri secara langsung, hindari menelan biji dan daun.

4. Pepaya muda
Buah pepaya muda memiliki kandungan enzim papain yang tinggi. Enzim ini ditemukan pada batang pepaya muda, daun dan getah. Wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pepaya muda, karena enzim papain dapat menyebabkan keguguran.

5. Tomat muda
Dalam tomat muda yang masih muda, ada banyak zat atropin dan solanin. Ciri khasnya adalah jika tomat muda dimakan, rasanya akan terasa pahit. Namun, zat atropin dan solanin yang masuk dalam kategori racun akan hilang ketika tomat sudah matang dan siap dipanen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *